Dari Gejala Dan Penyebab Kurap Sampai Cara Pengobatannya

Dari Gejala Dan Penyebab Kurap Sampai Cara Pengobatannya

Gejala Dan Penyebab Kurap,- Selamat datang di website www.propolisbrazil.web.id. Apakah anda sedang mencari informasi bagaimana bisa terjadi penyakit kurap pada kulit anda dan ingin tahu Gejala Dan Penyebab Kurap?. Jika iya, anda datang ke tempat yang tepat, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan berbagai penyakit sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi kesehatan tentang Ciri-Ciri Penyakit Kurap. Nah, kali ini saya akan memberikan anda semua informasi apa saja Gejala Dan Penyebab Kurap. Ingin tahu apa saja gejala dan penyebab penyakit ini?. Kalau begitu simak penjelasannya berikut ini.

Penyakit Kurap

Kurap adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh jamur. Jamur ini bisa bersarang di tubuh manusia seperti pada kulit, rambut dan juga kuku. Dalam Istilah medis kurap disebut juga sebagai Tinea atau infeksi dari jamur dermatofit. Penamaan penyakit kurap atau tinea ini kemudian akan disesuaikan pada letak jamur tersebut seperti kurap pada badan disebut sebagai tinea corporis, kurap pada kulit kepala atau tinea kapitis, untuk kurap yang berada di disebut tinea facei, sedangkan kurap pada bagian paha dan kaki disebut dengan tinea cruris.

Gejala Dan Penyebab Kurap Gejala Kurap

Gejala utama dari penyakit kurap ini yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan yang berbentuk cincin dengan garis yang tidak beraturan. Ruam tersebut terasa bersisik dan gatal. Lingkaran ruam kurap juga dapat melebar dan muncul di bagian tubuh mana saja. Jika tingkat keparahannya meningkat, ruam tersebut akan membentuk benjolan dan melepuh.

Kurap pada wajah dan leher mungkin tidak tampak seperti cincin, namun tetap saja terasa gatal dan membengkak. Kurap pada dua bagian tubuh ini juga dapat menjadi kering dan berkerak.

Sedangkan pada tangan, kurap seringkali menyebabkan kulit pada telapak tangan dan di antara jari menebal. Meski biasanya hanya menjangkit ke satu tangan, kurap ternyata dapat terjadi pada kedua tangan.

1. Jamur Pada Kulit kepala

Gejala-gejala umum yang terjadi pada kurap di kulit kepala meliputi munculnya area kecil yang bersisik pada kulit yang terasa perih, terbentuknya pitak akibat kerontokan, serta kulit kepala yang gatal. Tetapi jika bertambah parah, biasanya akan muncul luka kecil bernanah dan sisa luka yang mengeras. Terkadang juga muncul kerion, yakni luka besar yang bengkak. Luka ini dapat mengeluarkan nanah dan menyebabkan penderita demam serta mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

2. Jamur Pada Bagian Tubuh Lain

Selain tubuh dan kulit kepala, kurap juga dapat tumbuh di kaki, selangkangan, dan kuku.

Kurap yang muncul di selangkangan akan menimbulkan ruam merah kecokelatan. Ruam ini akan terasa gatal dan bisa muncul pada paha bagian dalam dan sekitar bokong. Kulit yang teriritasi juga dapat bersisik dan terkelupas. Pada sekitar lingkaran ruam, luka melepuh dan bernanah juga bisa terbentuk.

Sementara kurap yang menyerang kaki akan menyebabkan ruam yang gatal, kering, dan terkelupas di antara jari kaki. Pada kasus yang parah, gejalanya dapat meliputi kulit pecah-pecah di bagian yang terinfeksi serta kulit bersisik pada tumit dan sisi kaki. Selain perubahan tekstur kulit, jenis kurap ini dapat menyebabkan luka melepuh, serta sensasi terbakar atau perih pada kulit.

Penyebab Kurap

Penyebab kurap adalah jamur dermatofit atau jamur yang dapat bertahan hidup di kulit. Jamur ini hidup dari keratin yang menjadi bahan dasar jaringan lapisan kulit, rambut, serta kuku manusia.

Penyebaran spora jamur tersebut dapat melalui kontak langsung dengan manusia, hewan, benda, atau bahkan tanah. Selain itu, ada beberapa kelompok orang yang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk tertular kurap. Di antaranya, anak-anak, manula, orang yang mengalami obesitas, penderita diabetes tipe 1, orang yang mengalami aterosklerosis, orang yang pernah mengidap infeksi jamur sebelumnya, orang dengan sirkulasi darah yang buruk, dan orang dengan sistem kekebalan menurun seperti penderita HIV atau pengguna tablet steroid.

Pengobatan Kurap

Langkah Perawatan di Rumah

Untuk mempercepat kesembuhan, Anda dapat melakukan perawatan tambahan yang sederhana di rumah. Langkah perawatan ini bisa dilakukan dengan:

  • Mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut seperti katun agar tidak memperparah iritasi kulit.
  • Membersihkan bagian yang terinfeksi secara teratur dan menjaganya agar tetap kering.
  • Mengganti dan mencuci pakaian, handuk, seprai sesering mungkin selama terinfeksi.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai Dari Gejala Dan Penyebab Kurap Sampai Cara Pengobatannya. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Dan terimakasih sudah berkunjung ke www.propolisbrazil.web.id

Tinggalkan Balasan