15 Efek Samping Setelah Operasi Ginjal dan Perawatannya

15 Efek Samping Setelah Operasi Ginjal dan Perawatannya

15 Efek Samping Setelah Operasi Ginjal dan Perawatannya,- Penyakit ginjal merupakan penyakit yang terjadi pada organ ginjal. Pada organ manusia, ginjal letaknya tepat dibawah punggung, dekat dengan tulang rusuk. Pasien yang menderita penyakit ginjal, tentu saja akan banyak mempengaruhi kerja tubuh untuk mencuci darah. Proses penyaringan limbah serta kotoran pada tubuh yang dibuang melalui urine akan mengalami gangguan.

Efek samping setelah melakukan operasi ginjal memang harus diperhatikan oleh pasien dan juga keluarga pasien. Dukungan keluarga juga bisa membuat pasien penyakit ginjal lebih cepat pulih, dan untuk lebih memahami cara merawat agar ginjal tetap sehat. Bukan efek samping saja yang harus diperhatikan, adanya komplikasi setelah melakukan operasi ginjal juga perlu diwaspadai oleh pasien, komplikasi tersebut antara lain :

  • Terjadinya Obstruksi yaitu terjadinya komplikasi batu ginjal sehingga menyebabkan hidronefosis da biasanya berlanjut tanpa pionefrosis, hingga akhirnya mengalami gejala batu ginjal.
  • Pada pasien terkena gangguan batu ginjal, Fungsi ginjal tidak bisa kembali pada fungsi normal meski akan terus berkembang sehingga fungsi ginjal semakin menurun dan terjadi secara pelan-pelan.
  • Terjadi desakan hipertensi.
  • Untuk penyakit ginjal bisa mengakibatkan peradangan atau infeksi sehingga bisa saja berkembang menjadi kanker ginjal.
  • Saat melakukan buang kecil, ada rasa terbakar atau sulit buang air kecil
  • Kolesterol mengikat. Hal ini terjadi karena ginjal tidak berfungsi secara normal.

Sebelum operasi batu ginjal, ada baiknya harus memikirkan matang-matang mengenai resiko operasi batu ginjal dan cara rutin berkonsultasi dengan dokter ahli ginjal. Cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai informasi efek setelah operasi ginjal yang akan terjadi ketika pasien melakukan operasi ginjal.Biasanya untuk pasien yang telah melakukan operasi ginjal harus dahulu di rumah sakit sekitar 6-10 hari. Pemulihan efek samping setelah operasi ginjal juga bisa dikatakan cukup lama sekitar 4 sampai dengan 5 minggu pasca dilakukannya operasi ginjal.

Tidak jarang adanya Efek negatif setelah melakukan operasi ginjal banyak dilaporkan sebagian pasien penderita penyakit ginjal, karena terjadi pendarahan yang terus menerus. Itu semua kemungkinan terjadinya infeksi luka pasca operasi ginjal, yang berasal dari peralatan yang kurang steril. Efek samping dari operasi ginjal lainnya seperti adanya kemungkinan ketika operasi justru memperparah keadaan ginjal malah merusak dan mengganggu dan fungsi normal dari gejala sendiri.

Terjadinya cedera jaringan yang disebabkan oleh efek mikrojet, biasanya terjadi pada pembuluh darah yang merinding tipis. Bahkan bisa menyebabkan kencing darah bagi penderitanya. Meskipun hanya sementara waktu sekitar 1-2 hari lamanya. Reaksi radang juga bisa menjadi efek samping setelah melakukan operasi ginjal, pemulihan biasanya memakan waktu 1-2 minggu.

Efek Samping Operasi Ginjal :

Komplikasi operasi ginjal mengalami peningkatan dalam beberapa tahun ini, dengan kata lain sangatlah sangatlah berbahaya. Penemuan studi mengemukakan adanya resiko tertinggi dalam terjadinya komplikasi setelah melakukan operasi ginjal. Khususnya pada mereka yang berusia lanjut. Dan juga untuk pasien yang sudah dirawat beberapa tahun kebelakang. Munculnya penyakit baru setelah melakukan operasi juga merupakan efek samping setelah operasi ginjal. Mulai meningkat dari 12% dan untuk saat ini sudah mencapai 16%. Efek lainnya adanya infeksi darah yang terjadi mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari 1,2% kini menjadi 2,4% dan untuk resiko tingkat kematian mulai meningkat dari 0% menjadi 0,5%.

Berikut beberapa efek samping setela melakukan operasi ginjal:

  1. Terjadinya pendarahan setelah melakukan operasi. Itu sangatlah berbahaya dan berpotensi besar menimbulkan penyakit baru bagi pasien.
  2. Efek dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, beberapa harus mengemukakan efek terjadinya hipertensi setelah melakukan operasi ginjal mulai meningkat pada beberapa tahun kebelakang.
  3. Perforasi saluran cerna
  4. Terganggunya fungsi ginjal menjadi efek samping lainnya setelah melakukan operasi, karena ada sebagian pasien yang malah lebih memperparah keadaan ginjalnya, sehingga tidak dapt berfungsi secara normal kembali.
  5. Terjadinya infeksi merupakan salah satu dari efek samping setelah melakukan operasi ginjal,karena alat yang kurang steril saat melakukan operasi.
  6. Terjadinya komplikasi pada renal atau ginjal seperti adanya kerusakan pada nefron sirkulasi mikro dan juga asiodosis tubus renalis serta pembuluh darah.
  7. Efek yang terjadi pada jaringan ginjal serta jaringan yang lainnya, fungsi ginjal juga hipertensi
  8. Bateriuria
  9. Urosepsis
  10. Bakteriemia
  11. Abses yang terdapat pada ginjal
  12. Infeksi saluran kemih
  13. Infeksi tuberkolosis
  14. Infeksi Endoftalmitiskandida dan klebsiella
  15. Endokarditis

Perawatan dantindakan yang harus dilakukan setelah melakukan operasi diantaranya:

  • Gaya hidup yang sehat dengan cara mengontrol jenis makanan yang baik untuk penyakit ginjal lebih baik memilih jenis makanan yang diolah dengan cara di steam atau dibakar.
  • Olahraga yang rutin setiap hari
  • Minum banyak air putih
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam
  • Apabila pasien tidak membaik dengan cara minum air putih yang banyak atau pasien mengalami panas, maka sebaiknya meminum pil sulfonamid, ampicilin, atau tetracyline. Konsultasi dahulu sebelum mengkonsumsi obat pada dokter.

Berikut adalah pembahasan tentang 15 Efek Samping Setelah Operasi Ginjal dan Perawatannya yang harus diketahui. Semoga anda mendapat manfaat setelah membaca artikel kami, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan